Surabaya – Dalam upayanya memonitor kebutuhan lapangan terhadap ketersediaan dan pemakaian suku cadang serta percepatan komunikasi dalam efisiensi kinerja, tim logistik PT Berkah Industri Mesin Angkat (PT BIMA) berinisiatif memanfaatkan platform digital gratis yang dapat diakses sewaktu-waktu dimanapun mereka membutuhkan data terkini ketersediaan dan terpakainya suku cadang. Inisiatif ini muncul sebagai proses digitalisasi yang sedang digalakkan oleh PT BIMA dalam tiap proses bisnis yang dilakukan.
Monitoring ini dilakukan untuk mengendalikan nilai persediaan suku cadang PT BIMA, dimana seluruh insan PT BIMA dapat mengetahui posisi dan status suku cadang PT BIMA, sehingga unit fungsional dapat merencanakan pemakaian suku cadang hingga penyerapan suku cadang dapat meningkat. Rencananya, platform ini akan terintegrasi dengan aplikasi CENTRA dalam memuat aktualisasi data ketersediaan suku cadang terbaru.
Aplikasi CENTRA menjadi acuan Tim Logistik PT BIMA dalam mengolah data untuk ditampilkan dalam data studio. Secara teknis, aplikasi ini masih diolah secara manual namun update aktualisasi secara otomatis berganti setiap 15 menit atau seketika saat terjadi perubahan angka pada tampilan layar. Bimers-sebutan bagi insan PT BIMA-sendiri dapat mengakses platform ini melalui link yang diberikan oleh tim Logistik.
“Saat ini platformnya masih terbatas di internal PT BIMA saja, mbak. Namun tidak menutup kemungkinan nanti dapat diperluas bersama CENTRA,” jelas Reza Zulfikar, Koordinator Logistik PT BIMA.
Senior Manager Logistik menyatakan bahwa platform ini menjadi satu tantangan tersendiri bagi tim logistik dalam memanfaatkan teknologi digital dengan pembiayaan seminimal mungkin namun tetap memberikan dampak yang bermanfaat. Aktivitas ini juga sebagai bentuk sikap adaptif PT BIMA yang akan mendorong adanya pengembangan teknologi di internal tim Logistik.
“Kami ingin tanggap dan sigap dalam menyikapi keperluan suku cadang di lapangan, ketepatan waktu menjadi fokus kami saat ini,” jelas Andri Kurniawan, Senior Manager Logistik PT BIMA.
Dorongan pada diri untuk terus memberikan pelayanan terbaru dengan tepat dan cepat menjadi landasan inisiatif ini muncul. Ia menambahkan bahwa inisiatif ini terinspirasi dari nilai inti AKHLAK Kementerian BUMN agar insan BUMN selalu menjadi insan yang kolaboratif dan memiliki jiwa yang adaptif agar mampu berkreasi di segala kondisi.
(AN/BTKP)