Berita

PT BIMA Sukses Selesaikan Refurbishment Container Crane Pelabuhan Tenau Kupang

PT BIMA Sukses Selesaikan Refurbishment Container Crane Pelabuhan Tenau Kupang

10 Mei 2022

Surabaya - Dengan semangat terus berkonstribusi untuk negeri, PT BIMA menjawab segala kebutuhan engineering dan alat berat kepelabuhanan. Salah satu wujudnya itu adalah project Refurbishment Container Crane / Ship to Shore Crane yang berada di Terminal Petikemas Tenau Kupang. Dimana ditengah aktifitas bongkar muat pelabuhan yang harus terus berjalan, PT BIMA melakukan pekerjaan refurbishment container crane.

Dijelaskan oleh Project Enggineer PT BIMA M Nazar Zarkasih, proyek refurbishment dilakukan untuk merubah wajah CC yang lama menjadi mendekati baru dan memudahkan penggantian parts karena komponen existing yang telah obsolete. Tentunya semua dilakukan untuk meningkatkan peforma alat yang prima dan maksimal  guna mendukung aktifitas bongkar muat Pelabuhan untuk kelancaran arus logistik nasional.

M Nazar Zarkasih juga menyebutkan jika dalam pengerjaan project ini engginer PT BIMA memiliki tantangan tersendiri untuk dapat menyelesaikan project sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan.

“dalam pengerjaan proyek ini kita menghadapi beberapa tantangan dalam pelaksanaannya seperti cuaca yang sering hujan seharian, sehingga tidak dapat dilakukan pekerjaan outdoor. Isu global terkait shortage semi konduktor yang berpengaruh terhadap delivery PLC, bekerja pada ketinggian lebih dari 40 meter”.

Selain itu hal tersebut bahkan ada tantangan lain yang harus engineer PT BIMA yaitu ancaman serangan dan sengatan lebah yang berpindah rumah ke structure CC. Meskipun demikian, tantangan tersebut tidak menyurutkan Bimers untuk tetap mengejar target dan membuat Bimers semakin semangat dan optimis.

Cangkupan pengerjaan atau scope refurbishment CC 01 Kupang ini meliputi, pengecatan all structure, penggantian Drive dan PLC beserta  programnya dari Brand existing Yaskawa menjadi ABB seri terbaru, repair electrical engine beserta radiator, replace dan repair all lighting and alarm system, relace all structure bearing and repair rope sheave serta pemasangan rail pad trolley, dan sertifikasi layak pakai dari disnaker dan Dirjen Perhubungan Laut.

Arief Prabowo Direktur Utama BJTI melihat pengerjaan refurbishment CC Pelabuhan Tenau Kupang PT BIMA memberikan testimoni “Pengerjaan Refurbishment CC di Pelabuhan Tenau Kupang, dapat diselesaikan baik dengan tenggat waktu yang sesuai rencana yaitu pada Januari sampai dengan Maret 2022, didukung oleh sumberdaya unggul PT BIMA semua dapat diselesaikan dengan tepat waktu,” terangnya.